Wednesday, June 10, 2009

- HOME recording in my ROOM -

baiklah...pertama - tama saya akan menjelaskan apa maksud dari judul entri gw kali ini. di sini gw pengen berbagi informasi dan ilmu mengenai home recording yang sampai saat ini masih gw pakek buat bikin demo - demo lagu gw. biasa... gak ada duit lebih buat recording studio. ya terpaksa di kosan aja dengan alat hardware dan software yang seadanya dan seminim - minimnya...hehe..
selama ini sih program dan cara yang gw pakek efektiv. ya emang sih hasilnya gak sebagus hasil recording di studio, tapi ya lumayanlah buat musisi kecil kayak gw. duit juga gak habis, waktu juga kita punya banyak. di kosan sendiri ... bebas mau ngapain. mau telanjang pun bisa waktu recording...XD
ok kalau begitu gw persingkat aja basa basinya...
nih spek kompi gw untuk hardwarenya :

1. paling penting dan menurut gw harus ada yaitu souncard. gw pakek soundcard Extreme Music Creative. kenapa? selaen duit gw yang pas-pasan waktu belinya, ni soundcard udah lumayan bagus kok. cuma sayang, kayaknya udah gak di produksi lagi deh. tapi masih banyak pilihan soundcard2 laen kok yang lebih wow. wow harganya, wow kualitasnya. gw saranin kalau ada uang lebih mending beli yang M - Audio. serinya bebas. temen gw pakek tu. manteb BROW! clean banget hasilnya. input suara yang masuk sangat berpengaruh dari souncard kita. banyak gw baca juga artikel2 yang bilang kayak gitu. selain tu emang gw ngerasain banget emang pengaruh soundcard gw. souncard gw sih mang gak bagus2 amat. tapi gak jelek2 amat juga sih...LUMAYANLAH...hehehe
2. RAM gw pakek yang 1G. kalau bisa minimal 1G sih. yang gw rasain kalau di bawah 1G programnya gak mau enak performnya..gak tau kenapa. agak lambat. bahakan waktu recording pun agak gimana gitu.. tapi 512 masih bisa kok....
3. hardisk ya terserah mau berapa aja. kalau gw cuma makek yang 250G. tapi udah makin penuh juga. eh ya gw saranin. buat directori nyimpen file2 recordingnya, usahakan biar gak full. sisain 2-4G lah. kenapa? dari pengalaman gw selama ni. program recordingnya jadi sering eror wktu ngrender atau waktu mixdown. tiba2 aja eror. gw juga gak tau. apa karna programnya sendiri atau pelu size kosong yang banyak. kurang tau juga. tapi ya mending directory nya ada size kosongnyalah.. biar file yang ke record juga gampang kesimpennya.
4.selaen tu gw pakek CREATIVE PRODIKEYS DM. boleh gak juga sih, tergantung kesukaan ama jenis genre musiknya.

kayaknya buat hardware tu doang sih yang perlu di perhatiin. lebih di perhatiinlah... VGA gak ngaruh kok. tanpa VGA pun masih bisa.(masalahnya VGA gw sempet kebakar. tapi tetep bisa recording.HEHEHE)

hardware udah. sekarang Softwarenya ya...

gw pakek program NUENDO punyanya Steinberg yang versi 3.
banyak versi sih. cuma yang versi 3 lebih stabil kata gw. erornya jarang. kenapa gw pilih program NUENDO?
awalnya gw tau ni program dari temen gw. dia recording dkosannya pakek ni program. dulu gw pakek fruityloop. cuma gak sreg gw ama hasilnya. kurang real. masih kedengeran MIDI. selain tu NUENDO juga fiturnya gampang di pelajarin. apalagi buat pemula. simple banget. Metronom ampe plugin nya tu semuanya gampang banget makeknya. gak perlu ampe muter - muter otak lah. cuma emang. kalau cuma buat sekedar record guitar ama bass mang gak perlu plugin2 laennya. cuma kalau mau buat drum, atau mau pakek efect virtual buat guitar ya mesti pakek plugin2 tambahan.
nah gw paparin plugin2 yang gw pakek selama ni yang sampai saat ni juga masih gw pakek :

1. untuk buat drum atau gambar drumnya gw pakek GROOVE AGENT 2. sebelumnya gw pakek hypersonic. cuma suara drumnya gak real. masih kayak robot yang maen kedengarannya. gak manusiawi. hehe... plugin ni bener2 simple, banyak pilihannya pula. suara yang kita mau bisa di setting sesuka hati. tapi yang paling terpenting kalau mau buat drumnya, setting untuk humanize harus di fullin. biar kedengeran manusia yang maen drum.hehe...
2. gw cuma punya guitar, gak punya efect. jadi gw pakek plugin GUITARIG 3. suaranya bagus. bahkan noise guitar waktu di record pun bisa hilang. gak hilang2 banget juga tapi jadi clean banget suaranya. gw aja heran padahal gw cuma pilih settingan yang ada aja. pilihan suaranya pun banyak. gw lebih sering pakek distorsinya. wah keren BROW! dari METAL, EASYCORE, POWERPOP, masuk semua. settingannya pun hampir mirip ama kenyataannya. jadi kita bisa milih mau pakek head macam apa, amply yang gimana, efect yang mana, bisa kita pilih sesuka hatilah.. maka dari itu gw suka banget pakek ni plugin buat guitar gw....
3.gw dari kemarin2 emang lagi suka masukin looping electro ke lagu2 gw. selaen tu gw juga lagi garap konsep POWERPOP juga. makanya gw kasi tambahan plugin buat cari suara SYNTH. gw pakek HYPERSONIC ADDON, MONOLOUGE, SYNTH, ama bawaan keyboard MIDI creative gw. suara2nya enak - enak...
4. buat tambahan2 plugin buat mixing, gw pakek NOISE, CLEAN, ama bawaan plugin2 dari soundcard gw....

yang gw dapet dari belajar otodidak selama ni, masukin input suara harus bener2 di perhatiin. seberapa jago dan seberapa hebatkah plugin kita atau program yang kita pakai, tetep aja kalau input udah busuk proses selanjutnya bakal susah. susah banget.. kadang gw frustasi juga di buatnya. dah tracknya 5mnitan, masa mesti ngulang lagi.hehehe...makanya sebelum di record, check dulu input suaranya. noise apa gak. kalau noise di check settingan jack yang masuk ke souncardnya. biasanya di sana sih...

ehm..sekian aja kali ya yang bisa gw paparin saat ini. moga bermanfaat....
klo ada yang mau di tanyain, jangan ragu. banyak cara buat ngubungin gw. kita belajar bareng-bareng...
chat aja lewat YM, FB, ato Myspace gw...

0 komentar:

Post a Comment

Post a Comment

Isi komen nya sekalian ya....

 
Minima 3 Colums by: w.purnomosidi